Workshop Penyusunan Rencana Pembelajaran Semester (RPS)

Pada tanggal 25-26 Juli 2019 telah dilaksanakan Workshop Penyusunan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) di Prime Plaza Hotel Kualanamu. Kegiatan pada tanggal 25 Juli 2019 dilaksanakan mulai pukul 12.00 – 21.45 WIB sedangkan tanggal 26 Juli 2019 dilaksanakan mulai pukul 08.00-19.00 WIB. Kegiatan ini dihadiri oleh Drs. Syahruddin, S.T., M.T. selaku direktur, Ibu Nursiah, S.E., M.Si. selaku Wadir I , Bapak Nisfan Bahri, S.T., M.T selaku Wadir III, Ketua Jurusan, Ketua Program Studi, perwakilan Dosen dari masing-masing program studi sebanyak 4 orang serta Ketua dan Sekretaris P3AI Politeknik Negeri Medan. Narasumber pada kegiatan Workshop Penyusunan Rencana Pembelajaran Semester disampaikan oleh Dr. Drs. Ludfi Djajanto, M.B.A.

Acara yang dilaksanakan yaitu penyampaian kata sambutan dari Bapak Rahmat Widia Sembiring, S.E., M.Sc.IT., Ph.D selaku Ketua P3AI Politeknik Negeri Medan dan juga ketua Panitia pada kegiatan Workshop Penyusunan Rencana Pembelajaran Semester (RPS).

Acara selanjutnya adalah penyampaian kata sambutan dari Ibu Nursiah, S.E., M.Si. selaku Wadir I Politeknnik Negeri Medan sekaligus membuka acara.

Kemudian penyerahan plakat kepada narasumber

Acara selanjutnya yaitu foto bersama dengan perwakilan masing-masing program studi

Kemudian pengarahan dari Bapak M.Syahruddin, S.T., M.T. selaku Direktur Politeknik Negeri Medan sekaligus penutupan acara Workshop Penyusunan Rencana Pembelajaran Semester (RPS)

Pelatihan Pembuatan Buku Ajar

Pada tanggal 28-29 Juni 2019, telah dilaksanakan Pelatihan Pembuatan Buku Ajar di Wing Hotel Kualanamu. Kegiatan pada tanggal 28 Juni 2019 dilaksanakan mulai pukul 09.00-21.00 WIB sedangkan tanggal 29 Juni 2019 dilaksanakan mulai pukul 08.00-12.00 WIB. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Bapak M.Syahruddin, S.T., M.T. selaku Direktur Politeknik Negeri Medan, Ibu Nursiah, S.E., M.Si. selaku Wadir I , Bapak Abdul Rahman, S.E., Ak., M.Si., CA. selaku Wadir II, Bapak Nisfan Bahri, S.T., M.T selaku Wadir III, Ibu Berta Br.Ginting, M.T selaku Wadir IV, Ketua Jurusan, perwakilan Dosen dari masing-masing program studi sebanyak 2 orang, Ketua dan Sekretaris P3AI Politeknik Negeri Medan. Narasumber pada kegiatan Pelatihan Pembuatan Buku Ajar disampaikan oleh Dr. Sylvia Veronica N.P. Siregar, S.E., Ak., M.Si., CA

Adapun acara yang dilaksanakan yaitu penyampaian kata sambutan dari Bapak Rahmat Widia Sembiring, S.E., M.Sc.IT., Ph.D selaku Ketua P3AI Politeknik Negeri Medan dan juga Ketua Panitia pada kegiatan Pelatihan Pembuatan Buku Ajar.

Acara selanjutnya kata sambutan dari Bapak M.Syahruddin, S.T., M.T selaku Direktur Politeknik Negeri Medan sekaligus membuka acara.

Kemudian penyerahan plakat kepada narasumber.

Kemudian penyampaian materi oleh Dr. Sylvia Veronica N.P. Siregar, S.E., Ak., M.Si., CA selaku Dosen FEB Universitas Indonesia dengan topik materi Penulisan Buku Ajar.

Penyampaian materi dari Narasumber
Foto bersama seluruh peserta

Kegiatan pelatihan pembuatan buku ajar ini ditutup oleh Dr.Deliana, S.E., Ak., M.Si., CA selaku sekretaris P3AI Politeknik Negeri Medan.

Kegiatan Seminar Smartivist

Seminar Smartivist dilaksanakan di Politeknik Negeri Medan pada tanggal 19 Juni 2019. Kegiatan ini menjelaskan tren Smart City. APTIKNAS bekerjasama Politeknik Negeri Medan untuk menyelenggarakan seminar Smartivist.

Kegiatan yang digagas P3AI Politeknik Negeri Medan ini dilaksanakan dengan moderator yaitu Ibu Yolanda Roring. Penyampaian materi pertama disampaikan oleh Ketua APTIKNAS DPD DKI Jakarta  Fanky Christian yang merupakan pencetus SMARTIVIST memberikan materi tentang Industri 4.0 dan Trend Solusi yang berkembang. Penyampaian materi kedua disampaikan oleh perwakilan dari PT Netsource dengan materi Digital ID Technology, AI dan Face Recognition. Penyampaian materi ketiga disampaikan oleh perwakilan dari Watchguard dengan materi Network Security (Trends & Threats in the Era of Industry 4.0). Penyampaian materi keempat disampaikan oleh perwakilan dari Adacom dengan materi Intelligent Parimeter.

Acara selanjutnya adalah sesi tanya jawab/kuis. Peserta yang dapat menjawab pertanyaan dengan benar akan mendapatkan hadiah dari APTIKNAS.

Pemenang kuis berfoto bersama dengan Pimpinan Polmed dan Ketua DPD DKI Jakarta dan Ketua DPD Sumatera Utara

Acara selanjutnya yaitu penandatanganan MOU antara Politeknik Negeri Medan dengan APTIKNAS. Dalam hal ini Direktur Politeknik Negeri Medan
Bapak M. Syahruddin, S.T., M.T. dengan Ketua Umum diwakili oleh Ketua DPD DKI Jakarta Fanky Christian dan Ketua DPD Sumatera Utara Liem Hoei Mei.

Penandatangan MoU Politeknik Negeri Medan dengan APTIKNAS

Dengan adanya MoU ini, maka Politeknik Negeri Medan bisa bekerjasama dengan APTIKNAS terkait dengan program Smart City, pemagangan dan intrapreneurship.

Acara selanjtunya adalah foto bersama dengan peserta seminar

Workshop Kurikulum Magister Terapan Akuntansi

Pada tanggal 20 Maret 2019, telah diadakan Seminar dan FGD Kurikulum Magister Terapan Akuntansi. Kegiatan ini dilaksanakan dari pukul 08.00 – 16.00 WIB. Kegiatan tersebut dihadiri oleh dosen beserta staf di lingkungan politeknik negeri medan serta perwakilan dari PTPN III, BPKAD Provinsi Sumatera Utara, BPKP Perwakilan Sumatera Utara, Ikatan Akuntan Indonesia Wilayah Sumatera Utara dan Kanwil Pajak. Adapun acara yang dilaksanakan yaitu penandatangan MoU Politeknik Negeri Medan dengan PTPN III serta penyerahan surat dukungan dari profesi Ikatan Akuntan Indonesia Wilayah Sumatera Utara, profesi Ikatan Akuntan Indonesia Kompartemen Akuntan Pendidik, BPKAD, BPKP.

Acara seminar tersebut selesai dilanjutkan Focus Group Disccussion Kurikulum Magister Terapan Akuntansi. Moderator pada kegiatan focus group discussion ini adalah Dr. Meily Surianti, S.E., Ak., M.Si. Sedangkan pemaparan materi disampaikan langsung oleh tim penyusun borang Magister Terapan Akuntansi yaitu Rahmat Widia Sembiring, M.Sc.IT., Ph.D dan Dr. Rini Indahwati, S.E., Ak., M.Si., CA. Penutupan kegiatan workshop kurikulum Magister Terapan Akuntansi ditutup oleh Nursiah, S.E., M.Si sebagai Wakil Direktur I Politeknik Negeri Medan.

Seminar Kurikulum Kebutuhan Industri disampaikan oleh beberapa narasumber . Narasumber pertama yaitu Prof. Dr. Dian Agustia, S.E., M.Si., Ak., CA sebagai Ketua IAI KAPd Pusat dan Dekan FEB UNAIR dengan topik materi Peran Profesi Akuntan dalam menghadapi Revolusi Industri 4.0 menuju society 5.0. Narasumber kedua yaitu Suhendri, S.E., M.M sebagai Senior Executive Vice President Koordinator PTPN III dengan topik materi Perkembangan Akuntansi Perkebunan dan Kebutuhan Industri Perkebunan Terhadap Profesi Akuntan. Narasumber ketiga yaitu Beligan Sembiring, SE., Ak., CA., QIA., MM sebagai perwakilan dari BPKP dengan topik Peran BPKP Dalam Meningkatkan Kapabilitas Akuntan Pemerintah.

Foto Kegiatan Workshop Kurikulum Magister Terapan Akuntansi dapat dilihat pada link dibawah ini :
https://drive.google.com/drive/folders/1mqOA7dObYW36K8HDNqCPJArCGAzh7pd0?usp=sharing

Kunjungan TIM Penyusun Borang Magister Terapan Akuntansi ke BPKAD Provinsi Sumatera Utara

Kunjungan Tim penyusun borang magister terapan Akuntansi ke Badan Pengelolaan Keuangan Aset Daerah Provinsi Sumatera Utara telah dilaksanakan pada Hari/tanggal : Selasa / 5 Maret 2019. Tujuan melakukan kunjungan tersebut untuk mendapatkan dukungan dari dunia industri/usaha dan lembaga pemerintah sehingga dapat membentuk Program Studi Magister Terapan Akuntansi.

Kunjungan TIM Penyusun Borang Magister Terapan Akuntansi ke BPKP Perwakilan Sumatera Utara

Kunjungan Tim penyusun borang magister terapan Akuntansi ke Badan Pengelolaan Keuangan Aset Daerah Provinsi Sumatera Utara telah dilaksanakan pada Hari/tanggal : Selasa / 12 Februari 2019. Tujuan melakukan kunjungan tersebut untuk mendapatkan dukungan dari dunia industri/usaha dan lembaga pemerintah sehingga dapat membentuk Program Studi Magister Terapan Akuntansi.