Profil Institusi

Sebagai salah satu perguruan tinggi negeri di Sumatera Utara, Politeknik Negeri Medan saat ini menjadi pusat pendidikan vokasi yang berfokus pada pengembangan kemampuan sumber daya manusia dan memiliki visi global untuk turut serta meningkatkan angka partisipasi kasar pendidikan di Indonesia.

Dengan 16 program studi yang ada dan fasilitas kampus seluas 8.5 ha, Politeknik Negeri Medan mempersiapkan kurikulum berbasis kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan industri. Politeknik Negeri Medan juga memberikan beasiswa bagi mahasiswa tidak mampu dan turut serta mengembangkan jiwa wirausaha bagi para peserta didik. Saat ini Politeknik Negeri Medan mendidik lebih dari 5.500 mahasiswa dan telah menamatkan lebih dari 20.000 alumni yang telah bekerja di berbagai sektor industri.

Politeknik Negeri Medan secara aktif juga terlibat dalam berbagai penelitian terapan. Selain itu para dosen Politeknik Negeri Medan juga ikut serta dalam berbagai kegiatan pengabdian masyarakat sebagai rasa tanggung jawab sosial. Selain itu dalam rangka pengembangan jaringan, Politeknik Negeri Medan juga melakukan berbagai kerjasama dengan berbagai pihak baik regional maupun internasional

Visi

Menjadi institusi Pendidikan vokasi yang profesional dan unggul

Misi

  • Memajukan Pendidikan untuk menghasilkan tenaga vokasi yang profesional
  • Melaksanakan penelitian di bidang ilmu terapan untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi
  • Menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk memajukan kewirausahaan, meningkatkan kesejahteraan masyarakat bangsa dan Negara.
  • Menyelenggarakan tata kelola perguruan tinggi dengan prinsip efisien, efektif, akuntabel dan transparan

Motto

Disiplin dan Prima dalam layanan pendidikan

Sejarah

Pada tahun 1979 Universitas Sumatera Utara ditetapkan sebagai salah satu dari 6 Universitas/Institut yang mendapat proyek pembangunan Pendidikan Politeknik Tahap I dari DIKTI, dengan nama Politeknik Universitas Sumatera Utara (Politeknik USU) Medan. Pembangunan Politeknik USU dibiayai oleh Bank Dunia (World Bank). Pada tahap I yang dibangun adalah pendidikan bidang keteknikan yang pelaksanaannya mendapat bantuan tenaga ahli dari Swiss yang ditempatkan di Medan .

Selanjutnya pada tahap II dibangun pendidikan bidang tata niaga yang didukung oleh bantuan tenaga ahli dan fasilitas dari Australia. Pembangunan pendidikan bidang tata niaga mulai diselenggarakan pada tahun 1986 dan dibantu seorang tenaga ahli dari Australia.

Pembangunan Politeknik USU dan Politeknik lainnya, merupakan proyek pemerintah melalui Depdikbud Ditjen DIKTI yang dilaksanakan oleh Pusat Pengembangan Pendidikan Politeknik dikenal dengan singkatan PEDC (Polytechnic Education Development Center) di Bandung.

Melalui Surat Keputusan Mendikbud No. 084/O/1997 tentang Pendirian Politeknik Negeri Medan, maka Politeknik USU Medan secara resmi menjadi Politeknik mandiri dengan nama Politeknik Negeri Medan (Polmed) yang isinya telah diperbaharui dengan SK Mendiknas No.: 130/O/2002 tentang organisasi dan tata kerja Politeknik Negeri Medan.

Cart

Tidak ada produk di keranjang.

X