Mahasiswa Polmed Siap Bantu Wujudkan Pengelolaan Keuangan Desa yang Akuntabel dengan Siskeudes

Mahasiswa Polmed Siap Bantu Wujudkan Pengelolaan Keuangan Desa yang Akuntabel dengan Siskeudes

Setelah menandatangani Nota Kesepahaman dan dibentuknya Kuliah/Workshop Akuntansi Keuangan Desa antara Politeknik Negeri Medan dengan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) 22 Juni 2016 lalu, kini kembali diadakan Kuliah Umum sekaligus Penutupan Pendidikan dan Pelatihan Pola 30 Jam Akuntansi Keuangan Desa di Politeknik Negeri Medan, Rabu 08 Februari 2016.

Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) yang merupakan program resmi dari BPKP ini telah berjalan satu semester di Program Studi Akuntansi Keuangan Publik. Setelah diadakannya pelatihan ini diharapkan mahasiswa dapat memberikan kontribusi kepada Pemerintah Desa melalui  Praktek Kerja Lapangan  kepada masyarakat dengan  terjun langsung ke desa-desa untuk membantu dalam pengelolaan dana desa.

Dalam acara penutupan ini, dihadiri langsung oleh Dadang Kurnia selaku Deputi Kepala BPKP Bidang Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah, dan Mulyana selaku Deputi Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Utara beserta jajaran.

“kami selaku lembaga mengucapkan terimakasih atas berjalannya kerjasama ini dangan baik, dan kepada pihak BPKP Sumatera Utara yang telah bersusah payah mentransfer ilmu kepada mahasiswa kami, sehingga nantinya ini tidak hanya wujud teori melainkan dapat diaplikasikan di Pemerintahan Desa untuk memperbaiki sistem keuangan desa di daerah dengan baik” ujar Abdul Rahman selaku Wakil Direktur II Polmed.

Dalam sambutannya Deputi Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Utara juga menyampaikan terimakasih atas antusias mahasiswa selama ini dalam mengikuti pelatihan, sehingga tujuan dari program BPKP ini dapat terwujud dan Pemerintahan kita akan semakin baik.
(Sinta Wiridyah)