Workshop Pembelajaran Inovasi Dan Kreatifitas Dosen Untuk Menciptakan Karakter Wirausaha Muda Polmed

Workshop Pembelajaran Inovasi Dan Kreatifitas Dosen Untuk Menciptakan Karakter Wirausaha Muda Polmed

Sabtu, 6 November 2021 bertempat di Ruang Gajah Mada Hotel SwissBelinn Medan, Politeknik Negeri Medan telah melaksanakan kegiatan Workshop Pembelajaran yang mengangkat tema “Inovasi dan Kreatifitas Dosen untuk menciptakan Karakter Wirausaha Muda Polmed”. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai salah satu dari serangkaian kegiatan Hibah Program Penguatan Ekosistem Kewirausahaan Perguruan Tinggi Penyelenggara Pendidikan Vokasi (PTPPV) untuk Tahun 2021 melalui Direktorat Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI), Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi pendidikan Tinggi (Kemendikbudristekdikti) yang telah didapatkan oleh Politeknik Negeri Medan bersama dengan 22 (dua puluh dua) Perguruan Tinggi Vokasi lainnya yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

Kegiatan workshop pembelajaran ini dihadiri oleh Wakil Direktur 1 Bidang Akademik, Dr. Roslina, M.IT., Wakil Direktur 2 Bidang Umum dan Keuangan, Rikhwan E.S Manik, S.E., M.E., Wakil Direktur 3 Bidang Kemahasiswaan, Delisma Siregar, S.T., M.T., Wakil Direktur 4 Bidang Kerjasama, Ing. Heru Pranoto, S.T., Ketua Pelaksana Program Penguatan Eksosistem Kewirausahaan, Marlya Fatira, AK, S.E., M.Si., yang juga sekaligus bertindak sebagai Ketua UPT. Jasa dan Produksi Politeknik Negeri Medan, seluruh Tim Penguatan Ekosistem Kewirausahaan Polmed, beserta Dosen-dosen Pengampu Mata Kuliah Kewirausahaan dan pembimbing program wirausaha mahasiswa (PMW) di masing-masing Program Studi di Politeknik Negeri Medan yang hadir baik secara luring dan daring yang berjumlah kurang lebih 50 (lima puluh) orang. Kegiatan ini juga dihadiri oleh alumni Politeknik Negeri Medan yang telah sukses berwirausaha, yaitu CEO PT Melek Energi, Bapak Yusrizal Fahlevi, serta CEO Budidaya Maggots, Bapak Joko Susilo, Amd.

Acara ini dibuka oleh Wakil Direktur 4 Bidang Kerjasama, Bapak Ing. Heru Pranoto, S.T. Dalam kata sambutannya beliau menyampaikan bahwa kehadiran program penguatan ekosistem kewirausahaan ini nantinya akan dapat menghasilkan wirausaha muda peduli lingkungan baik dilingkungan Politeknik Negeri Medan dan Mitra.

Adapun target dari kegiatan workshop Pembelajaran bagi dosen yang bertemakan “inovasi dan kreatifitas dosen untuk menciptakan karakter wirausaha muda Polmed” ini adalah terbangunnya kesamaan persepsi cara pengajaran mata kuliah Kewirausahaan untuk semua Program Studi yang ada di Politeknik Negeri Medan yaitu berupa Rencana Pembelajaran Semester (RPS) mata kuliah Kewirausahaan. Dalam kegiatan ini narasumber yang hadir berasal dari Mitras DUDI Direktorat Jendral Vokasi yaitu Prof. Heddy Rohandi Agah, M.Eng., Eko Wahyu Hidayat, S.E., S.Si., M.M., yang merupakan Operasional Manager dari PT Vita Mandiri Jaya (Franchise Dunkin Donuts Wilayah Sumatera)., dan Yusman, M.A., yang merupakan Ketua Asosiasi Bussiness Development Services Indonesia (ABDSI). Di akhir acara ini ditutup oleh Wakil Direktur 2, Bapak Rikhwan E.S Manik, S.E., M.E., yang sekaligus merupakan salah satu Dosen Pengampu Mata Kuliah Kewirausahaan, beliau berharap dengan dihasilkannya RPS bersama untuk mata kuliah Kewirausahaan di lingkungan Politeknik Negeri Medan, diharapkan seluruh dosen pengampu mata kuliah kewirausahaan dapat secara bersama-sama bergerak untuk dapat memotivasi mahasiswa Politeknik Negeri Medan untuk dapat menjadi wirausaha muda yang inovatif, kreatif dan peduli lingkungan.